Beberapa Macam Aplikasi E-Wallet

Beberapa macam Aplikasi E-WalletBeberapa macam Aplikasi E-Wallet yang dapat digunakan di Indonesia. Sebagai alat pembelian atau transaksi mudah dimana saja dan kapan saja.

Beberapa Macam Aplikasi & Cara Membuat Electronic Wallet Di Indonesia beragam jenis aplikasi transaksi disertai dengan mudahnya cara membuat Electronic Wallet, telah mempengaruhi gaya hidup jaman sekarang. Dahulu untuk membayar belanjaan di kasir, banyak orang perlu membawa puluhan lembar uang kertas di dompet.

Akan tetapi, dengan adanya dompet uang elektronik, segalanya jauh lebih praktis. Kalian bisa membeli bahkan membayar apa saja dan dimana saja hanya melalui smartphone di genggaman tangan.

Baca Juga Artikel kami Lainnya di Pengertian E-Money dan Sejarahnya di Indonesia

Tak heran di dalam 1 buah smartphone, banyak orang biasanya memasang setidaknya 2 macam aplikasi Electronic Wallet. Alasannya karena ada beberapa fitur yang bisa saling melengkapi antara satu dengan aplikasi Electronic Wallet lainnya.

Beberapa Macam Aplikasi E-Wallet di Indonesia

Untuk membeli satu produk saja, banyak orang bisa membuka lebih dari satu aplikasi berbeda hanya untuk membandingkan harga dan promo yang tersedia. Di bawah ini akan diulas beberapa macam dompet digital yang sedang tren di beragam kasta masyarakat di Indonesia Indonesia.

Beberapa Aplikasi Dan Cara mendapatkan Electronic Wallet Di Indonesia

1. Go-Pay

Aplikasi Go-Pay adalah dompet digital bawaan Go-Jek. Awalnya, Go-Pay di pakai untuk memudahkan pemakainya dalam membayar ongkos Go-Ride dan Go-Food.

Akan tetapi, kini layanannya telah berkembang dan tak hanya itu saja. Kalian bisa melakukan pembelian pulsa maupun paket data internet, membeli kebutuhan barang di supermarket, membeli tiket nonton, membayar beragam tagihan dan lain-lain.

Di aplikasi ini, ada sistem point yang dapat Kalian kumpulkan setelah bertransaksi. Nantinya, point-point tersebut bisa ditukar dengan beragam voucher menarik.

Cara membuat Electronic Wallet Go-Pay cukup mudah. Kalian cukup mendaftarkan nomor handphone, lalu akan dikirim OTP (One Time Password) melalui SMS. Maka, pastikan nomor yang Kalian daftarkan masih aktif.

Jangan memberikan kode OTP kepada siapa saja, termasuk kepada pegawai Go-Jek dengan alasan apa saja. Keunggulan : GOPEY adalah pemakai bisa mendapatkan potongan harga bila melakukan transaksi layanan GOJEK dengan GOPAY.

2. OVO (Dulu GrabPay)

Sama halnya dengan Go-Pay, OVO bisa di pakai untuk membeli dan membayar beragam barang atau jasa.

Bahkan, OVO telah bekerja sama dengan e-commerce seperti Tokopedia dalam hal cara transaksi secara online. Keunggulan : OVO mempunyai akses ke banyak merchan offline di jaringan mall-mall Lippo Group dan Departemen Store Matahari.

3. LinkAja (Dulu T-Cash)

LinkAja adalah re-branding dari T-Cash. Fungsinya sama yaitu sebagai media transaksi online untuk beragam produk barang dan jasa. LinkAja juga memiliki kerja sama dengan KAI Access untuk kemudahan melakukan pembayaran maupun pembelian tiket kereta api..

Jadi, jika Kalian ingin membeli tiket kereta api jarak jauh maupun lokal menggunakan aplikasi KAI Access, maka transaksinya langsung tersambung ke akun LinkAja. Selain itu, Kalian juga membeli paket data maupun pulsa Telkomsel, membayar tagihan bulanan, tersambung dengan transaksi beragam ojek online, membayar pajak maupun berdonasi.

Keunggulan : LinkAja akan terhubung ke rekening tabungan di empat bank terkait, sehingg pemakai tidak harus mengisi saldo secara manual seperti pada E-Wallet lain.

4. Dana

Kebanyakan promonya berupa pembelian makanan dan minuman. Aplikasi ini terintegrasi dengan transaksi online tiket bioskop pada aplikasi Tix.ID.

Selain itu, Kalian bisa membayar tagihan, split bill, tarik tunai uang, bekerja sama dengan lembaga amal dan e-commerce. Cara membuat Electronic Wallet Dana juga mudah karena cukup menggunakan nomor handphone dan pin 6 angka.

Keunggulan : DANA adalah pemakai bisa transfer uang ke bank melalui aplikasi DANA tanpa dikenakan biaya administrasi.

5. Beberapa macam Aplikasi E-Wallet DOKU

adalah salah satu popular E-Wallet di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 2013. DOKU sudah berdiri sejak 2005 ketika ekosistem startup belum menjamur di Indonesia seperti sekarang.

Sama halnya dengan Dana, Emtek Group adalah salah satu investor utama DOKU.

Keunggulan : pemakai bisa melakukan tarik tunai di gerai ritel (Alfamart, Lawson dll) yang sudah jadi mitra transaksi DOKU.

6. PayTren

adalah aplikasi transaksi digital yang didirikan Yusuf Mansur di tahun 2013 dengan pendekatan syariah. Selain mendapat lisesnsi dari Bank Indonesia, PayTren juga mengantongi sertifikat perusahaan penjualan langsung (MLM) berjenjang syariah yang diakui MUI.

Keunggulan : pemakai bisa melakukan transaksi dengan menggunakan PayTren untuk keperluan akikah, kurban, dan juga sedekah.

7. ShopeePay

ShopeePay terhubung hanya dengan Shopee untuk saat ini. Salah satu pemain e-wallet baru di Indonesia yang didukung oleh salah satu e-commerce raksasa Asia, Shopee.

ShopeePay juga beraliansi dengan anak perusahaan Garena, yaitu AirPay. Untuk saat ini hanya dapat di pakai untuk transaksi di aplikasi Shopee saja.

Keunggulan : pemakai bisa mendapatkan cashback jika bertransaksi di Shopee menggunakan ShopeePay.

8. Samsung Pay

Siapa yang tidak tahu smartphone dengan merk Samsung? Saat ini hampir seluruh kegiatan yang ada akan dilakukan dengan berbasis teknologi internet, tak mau ketinggalan Samsung pun memiliki layanan aplikasi yang di pakai sebagai layanan transaksi.

Saat awal peluncurannya, Samsung Pay turut menggaet e-wallet Dana sebagai rekannya untuk kemudahan melakukan transaksi.

Selain itu, kelebihan Samsung Pay sebagai salah satu cara transaksi secara online tentunya dapat di pakai untuk melakukan transaksi di banyak merchant apalagi Samsung juga menyediakan diskon untuk Kalian yang bertransaksi di market milik Samsung sendiri. Bagaimana cara menggunakan Samsung Pay?

Perangkat apa yang sudah mendukung Samsung Pay?

Tentunya ponsel yang di buat oleh Samsung, saat ini Samsung galaxy seri A sudah mumpuni untuk dapat bertransaksi dengan Samsung Pay. Kalian dapat menemukannya di Samsung Galaxy seri A30 dan Samsung galaxy seri A50.

Mengapa perlu menggunakan Samsung Pay?

Aplikasi besutan Samsung ini memang di desain sebagai sarana transaksi online kepada para pemakai Samsung galaxy dan untuk mendapatkan pengalaman transaksi online dengan cepat dan tentunya mudah.

Untuk cara menggunakan Samsung Pay? Kalian hanya membutuhkan kode QR dari merchant yang Kalian pilih lalu Kalian tinggal memindai dan bertransaksi secara langsung.

Bagaimana jika saya memiliki Samsung seri lain?

Jangan khawatir untuk Kalian pemakai Samsung seri lain asalkan android Kalian sudah memenuhi OS Android Pie 9.0 maka Kalian Kalian dapat langsung mengunduhnya dari Galaxy store maupun Google store.

Yang pertama hanya dengan swipe up dari menu yang terdapat di home screen Kalian sudah langsung bisa mengakses Samsung Pay walapun keadaan ponsel Kalian sedang dalam posisi terkunci.

Setelah Kalian masuk ke menu Samsung Pay Kalian dapat memilih sumber dana yang dapat Kalian gunakan untuk bertransaksi. Kemudian Kalian sudah bisa menggunakannya untuk bertransaksi di merchant favorit Kalian.

Kemudahan lain yang di sediakan di Samsung Pay seperti yang telah di ulas di atas adalah kemudahan cara pemakaian Samsung Pay. Sebelum Kalian menggunakan Samsung Pay Kalian harus memiliki akun Samsung terlebih dahulu. Setelah itu Kalian bisa menghubungkan dengan akun e-money lain seperti DANA dan memulai transaksi hanya dalam genggaman Beberapa macam Aplikasi E-Wallet.