E-Money Yang Ada di Indonesia

E-Money Yang Ada di IndonesiaE-money yang ada dan sering di gunakan di indonesia

E-money yang ada di indonesia terdapat beragam macam e-money yang di manfaatkan sebagai alat pembayaran praktis secara elektronik.

E- money merupakan perlengkapan pembayaran yang memakai media elektronik adalah jaringan pc dan juga juga internet. E- money sangat nyaman untuk digunakan. Jadi kamu tidak harus takut untuk memakainya.

Sejarah kelahiran e- money di dunia

uang digital ataupun e- money adalah wujud lain dari mata uang yang kita tahu sepanjang ini. Pertumbuhan e- money sendiri diawali semenjak 1960.

Di saat itu industri pc raksasa ibm berkolaborasi dengan american airlines menghasilkan sesuatu sistem yang di sebut sabre( semi- automaticbusines research environment) yang membolehkan kantor- kantor american airlines untuk dipasangkan.

Sejarah E – Money di Amerika

Sampai pada 1983, suatu researchpaper yang terbuat oleh david chaum menghadirkan ide “ uang digital”.

David lee chaum yang lahir pada tahun 1955 merupakan seseorang ilmuwan pc dan juga kriptografer. Dia banyak menghasilkan protocol kriptografi dan juga menciptakan digicash, industri uang digital. Pada tahun 1999, david meninggalkan industri.

Pada tahun 1997, malah industri coca- colalah yang awal kali menawarkan transaksi dari vendingmachine memakai mobilepayments, sehabis itu barulah industri layanan e- money yang populer sampai di saat ini paypal timbul ke public. Dan juga pada tahun 2008 timbul kurs tertentu dari uang digital yang dinamakan bitcoin. Dari sinilah timbul sebutan digital currency dan juga virtual currency.

Pertumbuhan e- money di indonesia

E-money saat ini mulai tumbuh di indonesia, tahun ketahun penguna e-money terus bertambah. Apalagi, fasilitas- fasilitas umum sudah menghadirkan e- money sebagai pembayaran tol, commuterline, transjakarta, parkir, dan juga masih banyak lagi.

Banyak bank ataupun industri lainya yang sediakan jasa e- money yang sudah bersertifikan bi. Sepanjang ini, e- money– uang non- tunai yang di gunakan dalam transaksi telah di gunakan sebagai perlengkapan pembayaran untuk transaksi yang bernilai kurang dari rp 5 juta di indonesia. Sedangkan total nilai transaksi di indonesia merupakan rp 260 triliun per tahun.

Meski e- money lagi terkenal di indonesia orang indonesia masih enggan memakainya. Dari tren perkembangan tersebut, pengguna yang sangat ber- antusias dalam memakai layanan e- money tiba dari warga pengguna ponsel yang jauh lebih berpotensi. Tetapi sayang, dari survei yang di coba oleh indotelko forum terhadap dekat 2. 000 responden menciptakan masih terdapatnya beberapa hambatan yang wajib di perbaiki saat sebelum layanan e- money bisa jadi perlengkapan transasi keuangan yang bisa di andalkan.

Salah satu pemicu enggannya orang indonesia memakai e- money merupakan keraguan di saat memakainya.

Di saat ini pemakaian uang elektronik terus bertambah. Sebagai contoh bisa di lihat dari penjualan e- tollcard yang terus bertambah. Adityawarman, direktur utama jasa marga, berkata kalau penjualan e- toll tembus 100 juta lebih.

Penggunaan E-Money di Indonesia

Pemakaian uang elektronik ataupun electronicmoney( E-Money Yang Ada di Indonesia) di prediksi akan terus berkembang secara signifikan. Walaupun demikian bertransaksi secara manual memakai uang tunai masih akan selalu di  coba warga. Eny sri hartati, direktur eksekutif institute for development of economicsand finance( indef), berkata pemakaian uang elektronik memesatkan transaksi dan juga proses perdagangan. Tetapi pengaruhnya signifikan ataupun tidak, belum bisa di kenal secara tentu.

Beberapa bank yang menghasilkan produk e- money di antara lain pt bank central asia tbk dengan produknya, flazz, pt bank mandiri tbk lewat indomaretcard, gaz card, dan juga e- toll. Sedangkan itu, pt bank mega tbk dengan studio passcard dan juga smart card, dan pt bank negeri indonesia tbk menghasilkan java jazzcard dan juga kartuku.

Perkembangan E-Money di Indonesia

Tidak hanya itu, pt bank rakyat indonesia tbk menghasilkan brizzi, bpd dki jakarta dengan produk jakcard, pt indosat tbk menghasilkan dompetku, pt skyesb indonesia dengan produk skyecard, dan juga pt telekomunikasi indonesia tbk menghasilkan flexycard dan i- vascard.

Angka tersebut bertambah 97% ( year- on- year) di banding februari 2012 yang tercatat sebesar rp 1,11 triliun.

Bersumber pada informasi bank indonesia, volume transaksi pemakaian e- money juga berkembang jadi 9, 62 juta transaksi. Volume ini naik 68% dari posisi februari 2012 sebanyak 5, 72 juta transaksi. Kenaikan ini sejalan dengan akumulasi jumlah

Kartu e- money setahun terakhir yang berkembang 61% jadi 23 juta kartu.

Tetapi, pemakaian uang elektronik belumlah optimal seperti yang di kemukakan oleh pimpinan atsi alex j sinaga. Dia berkata, sampai di saat ini jumlah pengguna e- money di ponsel menggapai 12 juta pengguna. Tetapi, pengguna aktif e- money di ponsel hanya 6 persen dari jumlah pengguna tersebut.

Cara kerja e-money

Sebagaimana prepaid yang lain, kamu juga dapat melakukan top up untuk kartu kamu tersebut.

Setiap terjalin mutasi transaksi, pc atau komputer milik merchant yang tersambung ke jaringan penerbit e- money akan melakukan seperti perhitungan kliring.

Jadi kesimpulannya, E- money merupakan perlengkapan pembayaran yang memakai media elektronik adalah jaringan pc dan juga juga internet. E- money sangat nyaman untuk digunakan. Jadi kamu tidak harus takut untuk memakainya.

Banyak bank ataupun industri lainya yang sediakan jasa e- money yang sudah bersertifikan bi. Sepanjang ini, e- money– uang non- tunai yang di gunakan dalam transaksi telah di gunakan sebagai perlengkapan pembayaran untuk transaksi yang bernilai kurang dari rp 5 juta di indonesia. Sedangkan total nilai transaksi di indonesia merupakan rp 260 triliun per tahun.

Baca juga : Keuntungan dan kerugian uang elektronik