Panduan Menggunakan E Money Dengan Mudah

Panduan Menggunakan E Money Dengan MudahPanduan Menggunakan E Money di Indonesia

Panduan Menggunakan E Money merupaakn panduan yang dapat kalian ikuti untuk berbelanja dan transaksi menggunakan uang elektronik.

DI era digital ini membuat semua hal menjadi lebih mudah untuk di lakukan. Dimana salah satunya adalah dengan melakukan transaksi menggunakan uang elektronik yang mulai viral di Indonesia.

Jika anda merasa tidak suka menyimpan uang tunai di dalam tas. maka kalian dapat menggunakan e – money tersebut. Dimana rasa khawatir apabila uang tersebut di curi atau di ambil orang lain menjadi lebih berkurang.

Dan dengan menggunakan e money, kalian dapat menggunakan sebuah kartu khusus yang cara kerjanya mirip seperti kartu debut maupun kartu kredit.

Dimana kalian dapat menggunakan kartu tersebut sebagai pengambilan uang di ATM maupun di outlet yang ada di Indonesia. Akan tetapi dalam menggunakan kartu atm memang sedikti menyusahkank karena harus mengambil uangnya terlebih dahulu ke ATM maupun bank.

Dan dengan begitu, kalian bisa menggunakan kartu e-money yang dapat di gunakan secara langsung untuk toko / restoran yang menyediakan layanan e – money.

Sehingga dengan begitu kalian tidak perlu lagi repot – repot harus membawa uang tunai maupun mengambil uangnya terlebih dahulu di ATM. Untuk e – money tersebut, sekarang telah di sediakan oleh semua bangk. DImana seperti yang di sebutkan sebelumnya, cara pemakaiannya sama dengan penggunaan kartu debit maupun kredit.

Manfaat Penggunaan E – Money

  • Sebagai alat pembayaran Jalan TOl untuk Jabodetabek, bandung, medan, Palikanci, Semarang, Bali, Surabaya dan juga Makasar. Selain itu pemanfaatan kartu ini semakin berkembang tidak hanya untuk kota – kota itu saja.
  • Sebagai alat pembayaran parkir dan juga TPE. TPE adalah Terminal atau tempat yang menggunakan sistem pembayaran parkir otomatis.
  • Pembayaran Tiket Kereta Api
  • Untuk melakukan Pembayaran Biaya Transportasi seperti Transjakarta, Transjogja, Batik SOlo Trans dan sebagainya.
  • Pembayaran SPBU yang memiliki logo e-money.
  • Dapat di gunakan sebagai alat pembayaran di toko retail seperti Indomaret dan juga Alfa mart.
  • Selain itu, kalian dapat memanfaatkan e- money untuk alat pembayaran di toko, tempat hiburan keluarga dan juga restoran yang memiliki logo E-Money.

Akan etapi tidak seperti kartu debet, e-money tidak akan memiliki pemotongan admin setiap bulannya. Dan juga tidak memiliki bunga, jadi intinya e-money akan memiliki cara kerja yang sama dengan uang tunai, akan tetapi hanya bentuknya saja yang berbeda.

Keuntungan Menggunakan E – Money

  1. Saldo yang tersimpan di dalam akun maupun kartu e – money akan memiliki keamanan yang terjamin.
  2. Tidak memerlukan tnada tangan ataupun pin untuk melakukan transaksi Yang berbeda dengan ATM dan juga kartu kredit. DImana kalian hanya melakukan tap saja di mesin yang telah di sediakan.
  3. Kalian dapat melakukan top – up dengan mudah di berbagai tempat yang di sediakan di bank maupun di mini market.
  4. Jumlah maksimal melakukan isi ulang dalam kartu e – money adalah 20 juta per bulan untuk satu kartu.
  5. Maksimal saldo yang dapat di simpan di kartu e – money adalah 1 juta tiapi kartunya.

Cara Mendapatkan Kartu e – Money

Anda dapat membeli e – money mandiri di minmarket dengan harga 25 ribu rupiah dengan saldo 0 rupiah. Karena kalian dapat memperoleh kartu tesrebut dengan mudah.

Kalian juga tidak perlu datang ke bank dan membawa dokumen seperti saat melakukan pembukaan rekening baru untuk mendapatkan rekening.

Dimana dengan begitu kalian tidak perlu repot untuk membawa dokumen. Yang perlu di persiapkan adalah uang sebanyak 25 ribu saja untuk membeli katu dan juga sejumlah uang yang ingin kalian isi di e – money.

Cara Memakai E – Money Dengan mudah

  • Pastikan bahwa toko maupun penjual lainnya memiliki sarana dan menerima proses transaksi menggunakan e – money di bank manapun yang kalian gunakan.
  • Pastikan saldo yang kalian punya cukup untuk melakukan transaksi.

Sebagai contohnya saat kalian ingin membeli tiket kereta api maupun tiket bus, Tap terlebih dahulu kartu e- money yang kalian punya untuk memeriksa saldo kartu yang kalian miliki.

Biasanya mesin tersebut akan tersedia di stasiun kereta maupun halte bus modern. Apabila saldo kalian sudah habis, maka kalian harus melakukan top up atau isi ulang denga cara sebagai berikut.

  1. Memakai Kartu Mandiri Debit

    • Masukkan kartu debit ke mesin atm sesuai dengan bank yang kalian miliki
    • Masukkan  nomor pin keamanan kalian saat setelah memasukkan kartu debit tersbut.
    • Setelah itu kalian dapat memilih menu untuk transaksi e- money.
    • Jika sudah kalian dapat meilih menu isi ulang.
    • Dengan begitu, kalian dapat pilih nominal isi ulang sesuai dengan jumlah yang kalian inginkan.
    • JIka sudah, maka kalian dapat menekan tombol Yes / Ya. Jika sudah, kalian harus meletakkan kartu e- money kalian ke area mesin atm yang telah di sediakan.
    • Setelah transaksi selsai, maka kertas struk akan memberikan kalian informasi untuk top uip e – money yang telah di lakukan.
  2. Menggunakan kartu debit dengan atm Bersama

    • Masukkan kartu debit kalian ke atm yang memiliki logo bersama.
    • Setelah itu kalian akan diminta untuk memasukkan angka pin keamanan pribadi kalian.
    • Jika sudah maka kalian akan  melihat sejumlah menu, disitu kalian harus memmilih menu transaksi lain.
    • Sebagai contohnya jika kalian menggunakan mandiri, maka kalian dapat pilih menu Mandiri Prabayar.
    • Setelah itu tekan menu isi ulang yang ada pada layar.
    • Jika sudah, maka kalian dapat masukkan nominal dan tekan tombol Ya.
    • Dengan begitu kalian dapat tempelkan kartu e – money dengan area yang telah di tentukan, maka kartu kalian telah berhasil di isi ulanlg.

Itulah beberapa Panduan Menggunakan E Money yang dapat kalian lakukan untuk menggunakan kartu e – money.

Baca juga : Cara Top Up Dana via BCA Dan Sebagainya