Tips Menggunakan E – Money

Tips Menggunakan E - MoneyTips Menggunakan E – Money Dengan benar

Tips Menggunakan E – Money – di dalam artikel ini kita akan membahas tentang beberapa tips dalam memakai E – Money yang kita miliki.

Pemakaian uang elektronik atau electric money (E – Money) sebagai alat tukar menukar yang baru tersebut membuat transaksi keuangan menjadi lebih mudah dan juga sederhana. Selain dapat dimanfaatkan sebagai alat membayar di saat berbelanja di kota – kota besar. Kamu juga dapat memanfaatkan e – money sebagai alat pembayaran untuk melewati jalan tol dan juga membayar fasilitas umum seperti bis dan sebagainya.

Oleh sebab itu, pemakaian e- money di Indonesia semakin berkembang dan menyebar di seluruh daerah kota besar dan beberapa kota kecil.

Tetapi pemakaian E – money yang salah dapat menimbulkan kerugian yang tentu saja tidak ingin kita alami. Tetapi dengan semakin banyaknya penggunaan e – money di Indonesia, banyak juga penipu yang mengandalkan e – moeny untuk mendapatkan uang yang tidak halal.

Cara pemakaian uang elektrik yang benar dan juga aman

Selain memakai e – money, ada juga jenis pembayaran lain yang ikut viral yang bernama e – wallet. Dimana perbedaanya dapat di lihat dimana e – money kebanyakan di keluarkan oleh pihak bank yang menggunakan chip sebagai penyimpanan data keuangan atau identitas kartu.

Sedangkan untuk e – wallet menggunakan server sebagai basis penyeimpanan data seperti jumlah saldo dan informasi lainnya. UNtuk  e – wallet, contohynya seperti Go – pay, Link Aja, OVO, Dana, dan sebagainya.

Walaupun nama aslinya e – wallet, tetapi masyarakat indonesia sering menyebutnya dengan nama e – money. Dadn seperti yang kita bahas sebelumnya, berikut adalah bebeapa tips untuk menghindari kerugian dalam memakai e – money sebagai alat transaksi.

1. Pahami Keuntungan dan Kerugian setiap e – money yang ingin di pakai

Sebelum anda mendaftar akun e – money atau membuat e – money, kalian wajib ketahui beberapa keuntungan dan juga kerugian apabila ingin menggunakan jasa tersebut. Dimana dengan mengetahui resiko dan kelebihan dalam memakai e – money. Kamu dapat merencanakan lebih depan untuk kenyamanan dalam memakai uang elektronik.

2. Isi saldo seperlunya

Karena pemakaian dan fasilitas publik yang sekarang bisa menggunakan e – money. Banyak orang yang berfikiran bahwa ia  harus memiliki uang dengan jumlah yang cukup besar di dalam akun e – money nya.

Akan tetapi hal tersebut adalah hal yang tidak baik atau tidak diperlukan. Karena teknologi uang elektronik di Indonesia ini masih baru bagai masyarakat Indonesia, maka hal – hal seperti terjadinya kerusakan sistem atau mesin pembaca e – money yang tidak benar akan merugikan kalian.

Dimana terkadang terjadi kesalahan saldo yang tertransfer melebihi dari jumlah semestinya. Sehingga kita mengalami kerugian dalam memakai sarana e – money tersebut.

Dan untuk saldo yang ada di dalam e – money tidak dapat di jadikan menjadi uang asli. Sehingga dengan kelebihan pengisian saldo dapat merugikan jika kalian jarang menggunakan e – money tersebut.

3. Usahakan Tidak Meminjamkan e – money ke orang lain yang tidak di kenal

Walaupun anda memiliki niat baik untuk membantu orang lain, dengan menyalahgunakan pemakaian e – money, anda bisa merugi karena hal tersebut. Oleh karena itu kalian harus berhati – hati untuk meminjamkan saldo uang elektrik yang dimiliki ke orang lain.

Ada kasus dimana orang di dekat jalan tol ingin meminjam e – money anda, tetapi ketika di kembalikan saldonya sudah habis. Dimana orang yang kalian pinjamkan e – money tersebut adalah seorang penipu.

Jadi usahakan kalian menggunakan e – money untuk keperluan kalian sendiri. Agar saldo yang ada di dalam e-money lebih aman dan tidak mengalami kerugian.

4. Ubah tampilan kartu e – money

Secara umum, desain kartu e – money yang kalian miliki dengan orang lain memiliki gambar yang sama. Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan kartu e – money yang kita miliki tertukar oleh pemilik kartu e – money orang lain.

Oleh sebab itu, untuk menghindari masalah tersebut terjadi, kalian bisa meminta kartu dengan gambar yang berbeda. Atau kalian dapat juga menggunakan benda lain seperti stiker yang di gunakan sebagai tanda bahwa kartu e – money tersebut adalah milik kalian.

Tetapi jangan terlalu banyak memberikan stiker pada kartu yang kalian miliki. Karena sinyal yang di pancarkan oleh kartu dapat terhalang atau  tidak memiliki sinyal sama sekali saat di baca oleh mesin.

5. Mengingat  Saldo Yang Tersisa Terakhir Kali di pakai

Untuk saat ini, masalah yang ada di Indonesia dalam pemakaian e – money adalah fasilitas yang befungsi sebagai alat pemeriksa sisa saldo uang. Sehingga hal tersebut secara tidak langsung membuat pemakai menjadi lebih boros tanpa mengetahui berapa jumlah sisa saldo yang mereka miliki.

Oleh karena itu, pastikan kalian mengingat dan mencatat pengeluaran – pengeluaran yang kalian pakai. Dengan begitu kalian tidak akan merugi dengan pengeluaran yang terkadang tidak dapat kita kontrol.

Tips tersebut dapat kalian terapkan sebagai pengguna kartu e- money.  Karena  e – money yang kita pakai dalam bentuk program atau aplikasi ponsel dapat di kontrol dengan mudah, dan kita dapat lihat sisa saldo yang ada di dalam akun kita.

Baca juga : Manfaat E-Money di Indonesia